Rabu, 10 Oktober 2012

KOPLING

  • Kopling adalah unit kendaraan yang berguna untuk meneruskan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi. Kopling termasuk dalam sistem pemindah daya atau power train. Yang memilki fungsi sangat penting pada kendaraan. Fungsi kopling :
    1. Membuat proses perpindahan gigi di transmisi dapat terjadi dengan halus. Dengan adanya kopling , maka saat perpindahan gigi di transmisi , putaran dari mesin ke transmisi diputus..
    2. Membuat kendaraan dapat direm dengan pakem. Pada saat kendaraan di rem , maka sebaiknya menginjak kopling , sehingga proses pengereman dapat pakem. Jika kopling tidak diinjak , roda mendapat tenaga putar terus dari mesin , sehingga pengereman menjadi sulit.
  • Kerja kopling adalah :
    • Saat memutus putaran
    Pada saat ini pedal kopling diinjak , maka pedal akan menarik mekanisme kopling untuk menggerakkan release fork, dan diteruskan dengan menekan release bearing. Release bearing menggerakkan diafragma spring untuk bergerak maju dan menarik pressure plate bergerak mundur, sehingga kampas kopling tidak tertekan lagi ke flywheel atau roda gila.

    • Saat meneruskan putaran
    Ini terjadi saat pedal kopling tidak diinjak. Pressure plate akan menekan plat kopling ke flywheel. Sehingga plat kopling ikut berputar dengan flyhweel , yang kemudian diteruskan untuk memutarkan input shaft transmisi. Gaya tekan pressure plate didapat dari gaya pegas oleh diafragma spring.

    Penjelasan cara kerja kopling diatas adalah penjelasan cara kerja kopling pada mobil , yang menggunakan kopling diafragma. Untuk kopling dengan tipe coil sring cara kerja hampir sama , nama daya pegas dilakukan oleh coil spring.

    Dapat disimpulkan pada kendaraan terdapat 2 tipe kopling yaitu kopling diafragma dan kopling pegas ( oil spring ) . Gaya pegas yang kuat dimiliki oleh kopling pegas, sehingga kopling pegas banyak digunakan untuk kendaraan degan beban berat, seperti truk dan bus. Sedangkan untuk kendaraan ringan seperti sedan dan mobil keluarga banyak menggunakan kopling diafragma.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar